Minggu, 01 Oktober 2017

ketentuan juknis terbaru MTQ


Ajang Pertarungan MKQ:


*MODIVIKASI LOMBA UNTUK MEMODIV KREATIVITAS*

(DidinSirojuddinAr•Lemka)

     Untuk pertama kali Musabaqah Khat Al-Qur'an *(MKQ) versi modifikasi* dilombakan di MTQ VIII Kota Tangerang Selatan,  Banten,  25-28/9/17. Sepintas seperti _set back_ karena ada pengurangan2 materi,  namun perubahan ini jadi "modal memodivikasi kreativitas dan karya" sekaligus.

     Gol. NASKAH PILIHAN menjadi 4 gaya khat (sebelumnya 6), DEKORASI menjadi 5 (sebelumnya 7) dengan cara diundi,  dan KALIGRAFI KONTEMPORER menjadi 4  (sebelumnya 5)  minus Abstrak. Karena sistem undian,  gaya2 khat ditentukan saat lomba. Itu berarti peserta harus tetap mempersiapkan dan memantapkan seluruh gaya khat yang dimusabaqahkan.

       Pengurangan gaya, sepertinya,  meringankan. Namun menuntut pelomba me- _redesign_ alias menata ulang komposisi dengan menentukan unsur DOMINASI yang selama ini dirajai Tsulus untuk Naskah Pilihan dan Dekorasi dengan gaya-gaya lain bila Tsulus tidak masuk pilihan. Bila Kufi tidak terpilih undian,  Naskah Pilihan akan tanpa pola atau gaya2 lain yang menggantikan perannya. Kekurangan jumlah khat pada Naskah Pilihan akan sedikit terobati dengan dibolehkannya menggunakan warna2 selain hitam (seperti *biru, merah, hijau*),  jelas memberikan nuansa art yang akan lebih memperCANTIK tampilan.

    Bila babak final Hiasan Mushaf dan Kaligrafi Kontemporer mengundi jenis2 khatnya,  pelomba tidak bisa lagi "tenang2an" hanya menyiapkan satu gaya yang dikuasainya,  tetapi harus siap dengan keseluruhan gaya. Semua ini menjadi tantangan yang tidak membelenggu tetapi mendorong pelomba lebih kreatif membangun karya barunya. 




0 komentar:

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.